Translate

Rabu, 02 Mei 2012

[Kanker Limfoma] Tanpa Gejala, Cepat Menyebar dan Ancam Jiwa

Kanker getah bening atau limfoma merupakan kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh, termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, darah, ataupun organ lain.



Dilansir dari buku Paduan Kesehatan KeluargaDr Mirriam Stoppard menjelaskan bahwa seringkali penderitanya tidak menunjukkan gejala khas, hanya memiliki semacam benjolan atau pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan tidak terasa sakit apabila ditekan.

Sistem limfatik merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengalir ke seluruh tubuh dan berguna untuk melawan virus, bakteri, dan jamur, yang dapat mengakibatkan timbulnya infeksi dalam tubuh seseorang.

Ada dua jenis limfoma, yaitu Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non-Hodgkin (LNH). Tetapi yang paling banyak ditemukan adalah LNH. LNH merupakan keganasan yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel kelenjar getah bening secara tidak terkontrol.

Sebagaimana kanker yang lain, kanker Limfoma Non-Hodgkin pun dapat sembuh total jika diatasi dini.

"Limfoma Non-Hodgkin dapat disembuhkan. Semakin cepat Anda berobat, semakin besar peluang Anda untuk sembuh!" jelas Stoppard.

Para ilmuwan tidak tahu persis apa yang menyebabkan limfoma, tetapi telah mengidentifikasi beberapa faktor risiko potensial, yaitu genetika (yang diwariskan anggota keluarga) dan karsinogen seperti sering terpapar pestisida tertentu, herbisida dan pelarut seperti benzena, beberapa pewarna rambut dan radikal bebas.

Kenali gejala dan pencegahannya

Salah satu tanda-tanda lymphoma yang mungkin segera dapat kita temui adalah timbulnya benjolan yang bukan hanya terdapat di ketiak namun juga di leher dan pangkal paha. Namun pembengkakan Glossary Link kelenjar getah bening bukanlah spesifik menunjuk kepada lymphoma.

Tak hanya itu, berkurangnya berat badan secara drastis, rasa letih dan kehilangan nafsu makan , dan berkeringat banyak pada malam hari merupakan beberapa hal dan kondisi yang bisa menyebabkan benjolan atau kelenjar getah bening yang membesar.

Sementara itu, jika limfoma tampaknya akan tumbuh lambat, dokter mungkin menyarankan pendekatan menunggu dan melihat perkembangan sebelum memutuskan rencana pengobatan. Dalam kasus ini terapi kanker terkadang dapat ditunda minimal satu tahun.

Dalam kebanyakan kasus limfoma Hodgkin dan non-Hodgkins, pilihan pengobatan adalah kemoterapi, radiasi dan beberapa membutukan transplantasi sel induk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer